27 Agustus 2008

Tanggal 27 Agustus 2008 Bulan Jadi 2??


Semeleketee..Gua dikerjain ma kawan gua. Mungkin banyak kawan sekalian yang menerima postingan Comment ato e-mail dari kawan ato kerabat yang mengatakan bahwa akan terjadi Fenomena Alam yang langka pada tanggal 27 Agustus 2008, dimana Bumi seolah-olah memiliki “2 bulan” dikarenakan PLANET MARS akan terlihat sebesar Bulan dan bercahaya.

Dan setelah gua bela-belain Begadang buat liat Fenomena tersebut, ternyata…….

Jangankan liat “2 Bulan”…lha wong Bulannya aja kaga nongol ditempat gua… Padahal menurut kabarnya fenomena tersebut dapat dinikmati oleh mata telanjang.


Saking keselnya gua ampe mikir sendiri apa yang dimaksud dengan mata telanjang tuh, maksudnya gua liat tu Bulan ama mata gua sambil gua telanjang??? Hallah...ya ngga toh???

Buat yang penasaran ama isi beritanya, ni gua kasih salah satu “sampel” pengumumannya...

Tanggal 27 Agustus seluruh dunia akan menunggu untuk suatu moment.. Planet “MARS” akan bercahaya pada malam hari mulai agustus.. planet ini akan terlihat sebesar bulan ketika dilihat oleh mata telanjang.. Puncaknya pada 27 agustus,ketika planet ini berjarak 34,65 juta mil dr bumi,pastikan untuk melihat fenomena ini pd tggl 27 agustus 2008 jam 00.30 … akan terlihat Bumi memiliki 2 bulan,fenomena ini akan terjadi lagi pada tahun 2287…. kabari fenomena ini kepada teman2,karena fenomena ini tidak akan pernah bisa terlihat lagi…..

Penasaran, gua coba tanya-tanya ma mbah Google, akhirnya dapet juga, dan menemukan beberapa informasi

http://epri.blogsome.com/2005/08/26/isu-planet-mars-sebesar-bulan-purnama/

Memang benar Mars tampak sebesar Bulan Purnama, dgn satu
persyaratan: dilihat dari teleskop
dgn perbesaran 80 kali utk Mars
pd 27 Agustus 2003 dan perbesaran 100 kali utk Mars pada 30 Oktober 2005 atau dgn kata lain besar penampakan Mars adalah 1/80 kali penampakan Bulan Purnama pd kejadian thn 2003 dan 1/100 kali penampakan Bulan pd kejadian thn 2005.

http://direktif.web.id/arc/2006/07/mars-hoaks

“Mars terlihat sebesar bulan purnama” yang jelas-jelas tidak masuk akal. Semua guru pelajaran IPA, Fisika, atau Bumi dan Antariksa di sekolah lanjutan sudah menjelaskan berulang-ulang komposisi planet pada tata surya kita. Jika planet merah itu “mendekati” bumi dengan ukuran yang sedemikian fantastis tentu gonjang-ganjing perjalanan planet bumi saat ini.

http://wiki.direktif.web.id/moin.cgi/HoaksPlanetMarsBulanPurnama

Wah…
kalau persis seperti Bulan purnama. Enggak mungkin…

Mars purnama dengan diameter 0.8 (20 detik busur).
Sedikit lebih terang dari sirius (-2.9 magnitudo)

Untuk membayangkan…
1 derajat= 60 menit, 1 menit=60 detik busur,
besar sudut 5 derajat = kurang lebih sebesar kepalan tangan kita….

Yah, masih mirip2 bintang lah, cuma lebih terang…
angka magnitudo, makin kecil makin terang….

Penjelasa2 di atas adalah penjelasan yang di landasi dengan hitung2an astronomi yang saya sendiri jujur ga mudeng, he he, tapi sangat masuk akal sekali. saya tidak tau siapa mereka, tapi saya sangat setuju sekali dengan apa yang mereka paparkan.

Setelah baca2 saya pikir memang berita ini emang Hoax, buktinya dari sebagian besar orang yang bilang akan ada dua purnama pada 27 agustus mereka tidak menjelaskan secara ilmiah bahkan ada beberapa yang hanya ikut2an forward doang, berbeda dengan beberapa orang di atas yang bilang kalo itu emang hoax, mereka menjelaskan secara ilmiah dan masuk akal.

Jadi buat kawan-kawan yang berhasil menyaksikan Fenomena tersebut, gua ucapin selamat...

Dan yang ga bisa, gausah khuatir... Loe kaga sendiri koq... minimal loe sama kaya gua yang mungkin kurang “telanjang” untuk bisa liat Fenomena tersebut.

Ato klo masih penasaran.... Ya tunggu aja “penampakan selanjutnya” kira-kira 200an tahun lagi. selamet menunggu yach...Hope you’l be more lucky next time...

Image Source : http://media.skytonight.com/images/M

0 komentar: